Powered By Blogger

Senin, 26 Desember 2011

Tajuk rencana

Tajuk rencana merupakan karangan pokok dalam surat kabar atau majalah. Tajuk rencana berisi berita yang sudah  diberi ulasan. Ulasan tersebut tetap mengacu pada inti pokok bahasan (gagasan utama). Gagasan utama merupakan ide yang menjadi dasar pembahasan (pengembangan) tajuk rencana.

Cara mencari gagasan utama
Gagasan utama terletak di awal paragraph, akhir, atau awal-akhir paragraph. Karena gagasan utama merupakan ide pokok bahasan, gagasan tersebut akan sering disinggung dalam setiap paragraph.
Perbedaan sudut pandang dan latar belakang yang dimiliki oleh penulis tajuk rencana menyebabkan perbedaan dalam keberpihakan. Penulis tajuk bebas menentukan pihak yang didukung.
Selain keberpihakan penulis, tajuk juga memiliki fakta pendukung ulasan. Fakta merupakan hal yang nyata. Fakta tersebut telah terjadi sehingga dapat dibuktikan. Setiap orang berpikir sama terhadap fakta tersebut.

Cara mencari fakta
Fakta ditandai dengan kebenaran informasi. Informasi tersebut dapat dibuktikan. Untuk menentukan fakta carilah pernyataan nyata, bukan pernyataan seseorang mengenai sesuatu pendapat. Misalnya, waktu dan tempat kejadian atau sesuatu yang telah dilakukan seseorang.
Tajuk rencana yang dipaparkan penulis dapat disimpulkan. Simpulah adalah pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya.

Cara mencari simpulan
Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Untuk memudahkan menyimpulkan tajuk, kamu harus mencari ide-ide pokok tiap-tiap paragraph. Kemudian kamu meringkas ide tersebut menjadi satu kalimat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar