Powered By Blogger

Senin, 26 Desember 2011

Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok, kalimat utama, kritik, pendapat, dan simpulan paragraph


Paragraph adalah seperangkat kalimat yang berkaitan satu sama lain dan membentuk suatu kesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan satu gagasan utama atau gagasan pokok. Syarat-syarat sebuah paragraph yaitu koheren (berhubungan), kohesif (padu), dan memiliki satu gagasan utama (pokok).
Gagasan utama, gagasan pokok, atau ide pokok adalah hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan pokok dapat terletak di awal paragraph (deduktif), di akhir paragraph (induktif), di awal dan di akhir paragraph (deduktif-induktif atau campuran), atau diseluruh paragraph.
Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau diseluruh paragraph.
Kritik merupakan tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangan baik atau buruk mengenai sesuatu. Kritik yang diberikan dapat berupa tanggapan positif (baik) atau tanggapan negative (buruk). Kritik harus disertai alas an yang logis. Ketika memberikan tanggapan, pendapatpun sering diungkapkan.
Pendapat atau opini merupakan pikiran atau perkiraan tentang sesuatu. Pendapat dapat berbeda antara satu orang dengan orang lain. Oleh karena itu, pendapat belum tentu dapat dibuktikan kebenarannya.
Fakta adalah sesuatu yang dapat dibuktikan kebenarannya.
Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar